Monday, December 3, 2012

Tips Perawatan Harian Burung Pleci

PCMI Chapter Ciamis - Burung Pleci Saat ini menjadi Trend di semua daerah pecinta Kicau Mania maka jangan lupakan,.. Perawatan harian memang sangat penting jika kita memiliki sebuah momongan khususnya burung pleci, karena burung yang satu ini jika dirawat dengan seksama dan penuh kasih sayang alhasil sesuatu yang terbaik di kemudian hari pasti akan kita dapatkan. Buat teman-teman pemula yang mulai menyukai pleci untuk awalan bisa kalian lihat di postingan sebelumnya yang pernah saya bahas tentang tips memilih pleci ombyokan biar nantinya pleci yang anda rawat akan menghasilkan sesuatu yang terbaik.

Untuk rawatan harian disini yang dibutuhkan hanya kesabaran dan ketelitan anda serta kasih sayang terhadap binatang.
Berikut beberapa ulasan tentang cara merawat burung pleci harian mungkin bisa bermanfaat dan bisa kalian terapkan dirumah anda.

Peralatan perawatan pleci

Selain burung dan sangkar anda juga harus mempersiapkan sebuah alat semprot khusus untuk memandikan burung jika memang dana anda belum bisa membeli keramba/tempat mandi khusus buat burung.
Alat ini sangat terjangkau harganya buat anda yang minim budget/dana dan bisa anda beli di toko penjual pakan burung, cara penggunaanya juga cukup mudah tinggal isi air terus tekan tuasnya, secara otomatis air akan menyemprot. Untuk memandikan pleci cukup dengan semprotan air yang lembut dengan cara memutar tutup depan alat tersebut ke kiri.

Selain alat semprot kalian juga harus menyediakan sikat cucian untuk menyikat bagian bawah sangkar agar sangkar pleci terlihat bersih dan itu akan membuat pleci kita semakin betah serta terangsang untuk bunyi.

Rawatan Harian Pleci

Untuk rawatan disini saya bagi jadi 2 aktifitas karena sejatinya setiap orang mempunyai aktifitas harian yang berbeda-beda agar tidak menganggu kegiatan kita sehari-hari.

Aktifitas pagi hari

Buat anda yang beraktifitas di pagi hari atau sekitar jam 6-7 pagi, untuk rawatan hariannya bisa dilakukan sebagai berikut.
•    Pagi hari sebelum anda bekerja, gantang dulu burung pleci anda di teras rumah atau tempat yang teduh fungsinya biar burung pleci dapat merasakan udara segar di pagi hari.

•    Sore hari sekitar jam 4 keluarkan semua yang ada didalam sangkar (kecuali burung) serta alas bawah sangkar kemudian mandikan pleci dengan semprotan lembut jangan terlalu basah, siapkan cepuk besar agar pleci mandi sendiri, jangan lupa bersihkan sangkar dari kotoran pleci dengan cara sikat bagian alas sangkar.

•    Setelah pleci dimandikan kemudian ganti juga air minum pleci dengan air yang baru.

•    Untuk makanan buah bisa dikasih buah pisang kepok, pisang yang lama ganti dengan yang baru, jika pisang terlalu besar maka potong pisang tersebut menjadi 2 bagian, berikan hanya 1 bagian sisanya bisa untuk besoknya lagi. Usahakan buah pisang bisa diganti dengan yang baru setiap hari, biar pleci sehat dan terbebas dari bakteri pisang.

•    Untuk voer jika masih terlihat banyak cukup digerakan cepuknya agar voer yang dibawah bisa pindah keatas.

•    Setelah semua uraian diatas sudah anda lakukan kemudian gantang dan jemur pleci ditempat yang terkena sinar matahari sore.

•    Setelah 1 jam masukan pleci ke dalam rumah biar pleci bisa istirahat, sebelum anda tidur malam usahakan untuk mengganti air minum pleci dengan yang baru.


Jika semua langkah diatas dapat anda lakukan secara rutin, pleci anda akan cepat berbunyi dan cepat jinak serta pleci akan tumbuh dengan sehat.

Aktifitas siang hari

Nah untuk anda yang beraktifitas antara jam 9-10 pagi atau agak siangan dikit bisa dilakukan perawatan sebagai berikut.
•    Jam 5.30 pagi gantang pleci diteras rumah agar pleci bisa menikmati udara pagi hal ini bisa merangsang pleci untuk bunyi ngalas, usahakan dalam menggantang pleci dengan pleci yang lainnya agak jauhan dikit atau tidak saling melihat satu sama lainnya.

•    Jam 6.30 keluarkan semua yang ada di dalam sangkar (kecuali burung) kemudian mandikan pleci dengan semprot halus, juga bersihkan sangkar dari kotoran pleci jangan lupa disikat biar bersih.

•    Ganti air minuman pleci dengan yang baru serta ganti juga buah pisangnya dengan pisang baru yang segar.

•    Gerakan cepuk yang berisi voer agar voer yang dibawah berpindah keatas jadi tidak perlu mengganti voer baru kecuali voer sudah habis.

•    Setelah selesai semua, masukan semua cepuk dan pisang tadi kemudian jemur dan gantang pleci ditempat yang terkena sinar matahari pagi, hal ini bisa melatih stamina tubuh pleci serta membunuh bakteri sisa kotoran pleci juga menambah vitamin D bagi pleci.

•    Jam 8.30 atau jam 9.00 pagi angkat pleci dan gantang di tempat yang teduh hal ini merangsang pleci untuk ketahapan berikutnya yaitu ngriwik atau bunyi ngerol pleci yang masih ditahan alias paruh masih tertutup.

•    Jam 5 sore masukan pleci ke dalam rumah biarkan pleci untuk istirahat atau bila perlu pleci di kerodong untuk menjaga dari udara dingin di malam hari, dalam hal ini anda bisa perdengarkan pleci dengan suara burung pleci yang sudah ngerol untuk merangsang pleci buka paruh dan membentuk suara ngerol alami dari pleci yang anda pelihara.


Inti dari perawatan pleci adalah kesabaran dan ketekunan, jika anda rajin dalam merawat pleci maka suatu saat kepuasan pasti akan anda dapatkan dengan waktu yang tidak lama.

Untuk tips selanjutnya dalam merawat pleci untuk tahap berikutnya akan saya bahas di lain waktu, jadi ikuti terus update dari PCMI Chapter Ciamis Kicau Mania berikutnya.

No comments:

Post a Comment